Saturday, December 29, 2012

Kenali Cara Bayi Berkomunikasi


Sama halnya dengan orang dewasa, bayi juga berkomunikasi dengan cara mereka sendiri, mungkin akan memunculkan tanda tanya dibenak kita ketika mereka menunjukkan geraka-gerakan tertentu yang terkadang mereka mengulang gerakan tersebut di lain waktu. Berikut gerakan-gerakan unik cara bayi berkomunikasi yang perlu kita ketahui:

1.Mata yang menatap
tanda ia berusaha mengenali siapa yang ada didekatnya. Tataplah kembali matanya sambil tersenyum supaya ia mengenali sisi menyenangkan dari Anda.

2.Tersenyum
seringkali ia tersenyum dalam tidur, tanda ia merasa cukup nyaman. Biarkan ia tertidur nyenyak, tapi boleh kok, kalau Anda pandangi terus.

3.Mengeluarkan suara lenguhan
ia ingin menarik perhatian Anda atau ingin bermain. Datangi dan tatap matanya, boleh juga sambil mengajaknya bermain.

4.Wajah seperti cemberut
kemungkinan ia merasa tak nyaman. Coba cek popoknya, posisi tubuhnya atau tempat tidurnya. Cermati juga kemungkinan ia sakit.

5.Menangis dengan kaki menekuk
seringkali terjadi pada serangan kolik. Buatlah ia merasa nyaman dengan menggendongnya sambil bernyanyi dengan tenang. Menyusui juga bisa membuatnya lebih tenang.

6.Kaki menendang-nendang
mungkin ia bosan atau merasa tak nyaman. Bisa juga karen ia ingin digendong. Cek dulu pokoknya, jika kering, boleh kok Anda menggendongnya atau mengajaknya berjalan-jalan ketempat lain.


7.Menguap
sama seperti Anda, sangat mungkin ia mengantuk. Timang-timang saja sampai ia hampir tertidur dan tidurkan di tempat tidurnya.

8.Mulut terbuka dan tertutup berulang-ulang
bisa jadi karena ia lapar. Jika waktu menyusunya baru saja selesai, mungkin ia sekedar ingin merasakan lagi nikmatmnya susu yang menempel di bibirnya. Santai saja, bisa Anda gendong ataupun dibiarkan di tempat tidur sambil Anda belai-belai.



0 comments:

Post a Comment

Ads 468x60px

Featured Posts